Minggu, 24 Juni 2012

Bahan Pendidikan Agama Islam


Masalah Taqwa tidak terlepas dari Iman. Tanpa iman manusia tidak akan menjadi Muttaqin (orang yang bertaqwa). Sebab dirinya terlepas dari pengawasan Allah SWT. Untuk lebih jelasnya mari kita kaji definisi taqwa tersebut.
Taqwa adalah menjalankan segala perintah Allah SWT dan menjauhi LaranganNya. Ada pula yang menjelaskan arti taqwa yaitu, merasa takut dan malu kepada Allah SWT. Apakah kita berbuat maksiat atau tidak mau melaksanakan peribadahan kepada Allah SWT yang telah menciptakan dan memelihara kita.

Tanda – Tanda Orang Bertaqwa
Tanda-tanda orang Muttaqin sebagai mana telah dijelaskan dalam salah satu surat, yaitu surat Al-baqarah (ayat 1 sampai dengan 4) sebagai berikut :
Ayat 1-3 : Yaitu orang-orang yang beriman kepada ghaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rezeki yang telah kami anugrahkan kepada mereka.
Ayat ke 4 : Dan orang-orang yang beriman kepada kitab (Al-Quran) yang telah diturunkan kepada kamu dan kitab yang telah diturunkan sebelum kamu.
(Taurat, Injil, Jabur) serta mereka yakin akan adanya akhirat. Bisa kita simpulkan cirri-ciri orang yang bertaqwa adalah :
1.   Beriman kepada yang ghaib dan yang lainya yang berhubungan denga hari akhir
2.   Orang yang beristiqomah dalam menjalankan shalatnya, khusu dan tepat waktu
3.   Menafkahkan sebagian harta yang telah dianugrahkan Allah SWT, sebab dalam harta kita terdapat hak-hak orang lain seperti : Kaum fakir, Miskin, dan kaum dhuafa
4.   Dan percaya kepada kitab-kitab Alllah ( Al-Quran, Taurat, Injil dan Jabur).
Kitab suci merupakan tuntunan dalam kehidupan manusia didunia untuk mencapai ridho Allah SWT di Akhirat kelak.



PENJELASAN

Adalah Hal :
1.   Yang ghaib itu urusan akhirat, yaitu Sorga, Neraka, Malaikat, Pertanyaan Kubur, Ashirot ( Jembatan yang melintang diatas dua tepian nerraka). Jangan salah paham, bukan yang lagi ngetren sekarang yang ghaib itu dengan cara menembus batas. Urusan akhirat tidak ada yang tau kecuali Allah SWT. Adapun yang ghaib dengan cara menem,bus batas sehingga kelihatan bentuk aslinya itu adalah syaiton atau Jin Kafir yang sengaja menampakan diri untuk dipercaya oleh manusia. Hatai-hati ppercaya pada hal serupa itu bisa jadi musyrik (Menyekutukan Allah) itu dosa yang sangat besar yang tidak bisa diampuni lagi oleh Allah SWT. Hindarilah sikap-sikap tahayul dan kufarat.
2.   Istiqomahartinya selalu melaksanakan dengan baik tepat pada waktunya, karena amal yang paling baik ialah sahalat pada waktunya
3.   Menafkahkan harta/membelanjakan harta di jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.
4.      Mempercayai kitab Al-quran dan kitab –kitab sebelumnya yaitu Taurot, jabur, dan injil itu semuanya kita harus imani. Seluruh isi kitab yang tiga semuanya ada di dalam Al-quran. Kita tidak boleh percaya kepada kitab yang hanya diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW saja, tetapi kita harus percaya kepada ketiga kitab itu.
5.      Itulah tanda-tanda orang Mutaqin yang terkandung dalam kitab suci Al-Quran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar